Selasa, 28 September 2010

Kelebihan & Kerugian Konsumsi Kopi

1. Obat Sakit Kepala
      Kafein bisa menghilangkan sakit kepala dengan cara melebarkan pembuluh darah otak yang menyempit. Coba baca bungkus obat sakit kepala dan sakit flu yang biasa anda konsumsi. Anda akan menemukan kafein sebagai salah satu kandungan bahan obat.
   2. Melegakan Asma
      Kafein bisa melegakan napas penderita asma dengan cara melebarkan saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru.
   3. Membantu Konsentrasi
      Kafein meningkatkan konsentrasi kita dengan cara merangsang otak, bahkan diperkirakan bisa meningkatkan daya ingat jangka panjang.
   4. Meningkatkan Daya Tahan
      Kafein dapat membuat badan tidak cepat lelah, bisa melakukan aktifitas fisik lebih lama, di perkirakan karena kafein membuat "bahan bakar" yang dipakai otot lebih lama.
   5. Merasa Gembira
      Kafein bisa meningkatkan rasa riang, membuat kita merasa lebih segar dan energik.
      Disamping manfaat-manfaat diatas, banyak orang yang masih khawatir terhadap efek samping kafein. Sebab beberapa laporan penelitian para ahli, meskipun harus di buktikan lebih lanjut menyebut-nyebut pula kemungkinan efek buruk kafein terhadap tubuh.
   6. Kanker
      Sangat sedikit bukti yang menunjukkan kafein menyebabkan kanker kandung kemih, pangkreas, atau kanker payudara. Ketiga jenis kanker tersebut memang sering di kait-kaitkan dengan bahan-bahan yang pernah dimakan di masa lalu.
   7. Penyakit Jantung
      Yang penting, kopi diminum disaring dulu. Penyaringan bisa menghilangkan zat-zat yang bisa menghilangkan kadar LDL jenis kolesterol jahat.
   8. Hipertensi dan Gangguan Pembuluh Darah
      Kafein berfungsi sebagai stimulan (perangsang). Jadi pada orang-orang yang peka, kafein bisa menyebabkan palpitasi jantung (gangguan irama jantung) atau peningkatan tekanan darah, biarpun cuma sedikit dan bersifat sementara. Penderita tekanan darah tinggi dan gangguan jantung lainnya, harus konsultasi dengan dokter bila ingin minum kopi. Harus diingat, kafein yang di maksud bukan hanya yang diminuman kopi, melainkan juga kola, maupun obat flu yang mengandung kafein.
   9. Keropos Tulang
      Para ahli mendapati, setelah kita minum kopi, kita akan mengeluarkan kalsium ke dalam air seni. Meski demikian, belum ada bukti bahwa kafein menyebabkan keropos tulang. Penelitian terbaru menunjukkan lebih dari 100 orang menapouse yang minimum kopi lebih dari 5 gelas sehari, tidak menunjukkan hubungan antara keropos tulang dengan kebiasaan mereka minum kopi.
  10. Fibrosis Payudara
      Pada beberapa kasus, beberapa wanita dilaporkan mengalami rasa kemeng sampai nyeri pada payudaranya ketika mereka berhenti minum kopi. Mereka adalah penderita fibrosis payudara, yaitu benjolan jinak yang rasanya sakit. Tetapi para ahli tidak menemukan kaitan antara kafein dengan peningkatan kasus fibrosis payudara.
  11. Kehamilan
      Belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa kafein bisa menganggu kehamilan, meningkatkan resiko keguguran, atau bayi lahir dengan berat badan lebih rendah. Meski demikian, para ahli tetap menganjurkan kaum ibu-ibu untuk berhati-hati. Bila berencana hamil atau sedang hamil, di sarankan membatasi kopi.
  12. Gangguan Lain
      Kafein menyebabkan susah tidur dan meningkatkan kecemasan, memperburuk kondisi serangan panik pada penderita panik. Kafein juga meningkatkan produksi asam lambung sehingga memperparah sakit maag dan nyeri lambung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar